5 Hewan Inspirasi Unik Bagi Manusia

Top 5, Tuhan sangatlah sempurna dalam penciptaan mahlukNya, dalam segi perbedaannya, kemanfaatannya dan lain sebagainya. Nah yang akan saya bahas kali ini adalah dari segi kemanfaatannya, antara hewan dan manusia tuhan menciptakan hewan untuk kemanfaatan bagi manusia, menjadi inspirasi misalnya. Diantara sekian banyak hewan, ada beberapa hewan yang menjadi inspirasi unik bagi manusia, mau tahu? Ini dia 5 hewan yang menjadi inspirasi unik bagi manusia :

1. Capung
Hewan ini menginspirasi pembuatan helikopter ilmuwan yang tak terhitung jumlahnya, dan telah mencoba membuat mesin terbang yang lebih baik sampai akhirnya mereka mampu membuat mesin terbang terkini dengan disainnya yang mengagumkan.

Hewan yang mempunyai kemampuan terbang yang luar biasa ini memang mengagumkan, capung dapat melayang pada posisi tetap di udara atau mendarat di tempat yang diinginkan adalah sama pentingnya dengan kemampuan terbang itu sendiri. Untuk itulah, manusia merancang pesawat terbang dengan kemampuan manuver yang tinggi, yaitu helikopter. Helikopter mampu melayang di udara pada posisi tetap dan lepas landas secara tegak lurus.

Karena keuntungan militer inilah, berbagai negara telah menyediakan dana dalam jumlah tak terbatas untuk pengembangan helikopter. Akan tetapi, penelitian terkini telah menemukan fakta yang sangat mencengangkan. Teknologi penerbangan helikopter modern ternyata sangat tertinggal jauh dibanding dengan seekor makhluk mungil yang mampu terbang. Makhluk ini adalah capung.

2. Tupai Terbang

Sebagai hewan yang dapat "terbang", tupai terbang tampaknya terdengar biasa-biasa saja. Tetapi binatang ini sebenarnya memiliki penampilan dan kemampuan yang cukup unik. Mereka dapat mengembangkan "sayap" dari kulit tubuh mereka dan menggunakannya sebagai alat untuk menahan udara ketika meluncur di antara pepohonan.

Sebuah membran kulit yang menghubungkan dari siku ke lutut memungkinkan makhluk kecil ini meluncur dari pohon ke pohon. Setelah mendarat, ekor digunakan untuk menyeimbangkan diri untuk memastikan tupai terbang tidak jatuh ke tanah. Juga dikenal sebagai tikus terbang, tupai terbang adalah mamalia terkecil di dunia yang bisa "terbang". Selain itu, tupai terbang adalah pemegang rekor dunia untuk binatang "terbang" yang seharusnya tidak dapat terbang karena dapat meluncur sejauh 288 meter dalam sekali lompatan.

Nah sayap dari kulit tubuh tupai inilah yang menjadi inspirasi pembuatan wingsuit atau baju terbang...



3. Lubang anjing prairie untuk menghindari musuh.


Prairie dog atau anjing padang rumput, sebenarnya bukan termasuk jenis anjing. Dapat mengeluarkan suara meskipun bukan menggonggong. Suara tersebut berguna untuk berkomunikasi antar sesamanya baik untuk memanggil atau memperingati yang lain jika ada bahaya yang mengancam. Mereka hidup secara berkoloni yang biasanya terdiri dari seekor jantan dengan banyak betina. Mencapai ukuran tubuh sampai 40cm dengan berat 1,5kg. Penyebarannya mulai dari Amerika, Canada dan Mexico. Memakan aneka sayur dan buah-buahan.

Hewan ini pintar menggali sampai kedalaman 5 meter dan membuat terowongan sampai 30meter lho.


Terowongan yang dibuat berfungsi untuk menghindar dari pemangsa seperti anjing, struktur terowngannya sangat rumit, bercabang-cabang ke segala arah yang membuatnya sulit untuk di tangkap.

4. Harimau

Loreng pada kebanyakan harimau bervariasi dari coklat ke hitam. Bentuk dan kepadatan lorengnya berbeda-beda subspesies satu dengan yang lain, tapi hampir semua harimau memiliki lebih dari 100 loreng. Harimau Jawa yang sekarang sudah punah kemungkinan memiliki loreng yang lebih banyak lagi. Pola loreng unik setiap harimau, dan dapat digunakan untuk membedakan satu sama lain, mirip dengan fungsi sidik jari yang digunakan untuk mengindentifikasi orang. Ini bukan, bagaimanapun juga, metode pengidentifikasian yang disarankan, terkait kesulitan untuk merekam pola loreng pada harimau liar. Sepertinya fungsi loreng adalah untuk kamuflase, untuk menyembunyikan mereka dari mangsanya.

Nah loreng loreng inilah yang menjadi inspirasi untuk mengelabuhi mata musuh, dan ini diterapkan dalam berbagai seragam militer di dunia.


5. Katak

Katak ialah sejenis hewan amfibia dalam susunan Anura (bermaksud "tidak berekor", dari bahasa Greek: an-, tanpa + oura, ekor), dahulunya disebut Salientia (bahasa Latin saltare, "melompat"). Katak dewasa bercirikan kaki belakang yang panjang, badan yang pendek, jari berselaput, mata jongang dan tidak memiliki ekor. Katak biasanya bertelur di kolam atau air ynag tenang; dan larvanya,yiaitu berudu, berinsang dan bertumbuh dalam air. Katak dewasa merupakan haiwan maging yang gemar memakan haiwan artropod (terutamanya serangga), annelid dan gastropod. Katak paling dikenali dengan bunyi menguaknya yang bisa kedengaran t siang atau malam, terutamanya ketika musim hujan.

Katak adalah hewan yang bisa hidup di darat maupun di air. Hewan ini juga sangat pandai dalam berenang, ini dikarenakan pada kaki belakang katak terdapat selaput yang dapat menghasilkan dorongan ketika dia berenang.

Nah tahukah kamu bahwa kaki belakang katak inilah yang menjadi model dalam pembuatan alat menyelam/berenang manusia yang fungsinya sama seperti kaki katak yaitu untuk memberikan dorongan lebih saat berenang didalam air sehingga memudahkan penyelam mengarungi bawah air..keren kan
Sumber : Berbagi Artikel

Ditulis Oleh : Unknown // 11.12.12
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news


Blogroll

]

Tukeran Link

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Blognya H Doank